Thursday, November 8, 2012

Pengen punya anak atau menunda punya anak?


Intinya kenali masa subur anda..

saya sendiri waktu awal nikah pengennya ya segera punya anak, tapi tnyt harus nunggu 2 bulan dulu kosong baru deh hamil tanpa KB.

Udah punya anak pertama, dan sekarang pengen banget nambah momongan,..tapi udah 3 bulan ini ternyata gagal terus...

dan ternyata usut punya usut kalau mau punya anak atau menundanya bisa dilihat kapan waktu subur atau masa subur perempuan...sedangkan sebelumnya ini saya menggunakan alat KB untuk menunda kehamilan saya..

Ternyata masa subur sangat besar artinya bagi  yang pengen hamil dan bagi yang ingin menunda kehamilan. Bagi yang pengen hamil, masa subur bisa dijadikan patokan untuk melakukan hubungan suami-istril karena saat ini ovulasi sedang terjadi sehingga kemungkinan hamil sangat besar.

Sedangkan bagi yang mau menunda kehamilan, masa subur merupakan masa yang harus dihindari untuk mencegah terjadinya kehamilan.

Nah berikut ini cara untuk mengetahui kapan masa subur tersebut, yaitu:

Sistem kalender.
* Bagi yang siklus haidnya teratur, masa subur berlangsung 14 +/- 1 hari haid berikutnya. Artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.
* Bagi yang siklus haidnya tidak teratur maka pertama tama harus dicatat panjang siklus haid sekurang kurangnya selama 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Misal : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 - 11 = 20, dan 26 -18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20.

naah kl enggak mau pusing-pusing ngitung, sekarang ini banyak Tools/Software/Applikasi Penghitung Masa Subur .  Dalam applikasi itu  kita hanya tinggal memasukkan tanggal Hari Pertama Haid Terakhir setelah itu akan muncul tanggal perkiraan masa subur seseorang.
  • KB Kalender: Masa dimana tingkat kesuburan rendah yang dapat digunakan untuk menghindari kehamilan.
  • Masa Ovulasi: Masa dimana sel telur keluar dan siap untuk dibuahi.
  • Konsepsi Bayi Laki-laki: Masa dimana kesempatan besar untuk konsepsi dengan bayi kelamin laki-laki.
  •  Konsepsi Bayi Perempuan: Masa dimana kesempatan besar untuk konsepsi dengan bayi kelamin perempuan.

    buat yang punya gadget smartphone juga dengan mudah mendownload applikasi ini di mobile anda, jadi memudahkan dan mengingatkan kapan waktu yang tepat untuk memiliki anak atau menunda anak. Contoh: Ovulation Days, Period Tracker, Pregnancy Tracker, Ovulation Calender dll..

    Selamat mencoba...